Materi Kultum Singkat Ramadhan 2012 Dan Contoh Teks Pidato

Materi Kultum Ramadhan singkat 2012 - Contoh Teks Ceramah Pidato Ramadhan terbaru 1433 Hijriyah. Pada kesempatan ini saya akan sharing sedikit mengenai kultum ramadhan singkat khusus bagi sahabat yang mungkin saat sedang mencari referensi dan contoh pidato atau ceramah singkat berkenaan dengan bulan Ramadhan dimana semua umat islam yang beriman diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh.

Kultum adalah singkatan dari kata Kuliah Tujuh Menit dan lazim disebutkan pada ceramah pendek meski sebagian orang mungkin tidak terlalu terbiasa dengan kata kultum karena pada umumnya lebih sering dikatakan sebagai pidato atau ceramah singkat.

Biasanya kultum disampaikan oleh seorang penceramah atau ustadz yang berisi ajakan untuk memahmi suatu hal terkait materi dan substansi yang akan dibicarakan, misalnya ajakan untuk meningkatkan ketaqwaan dalam bulan suc ramadhan dan ceramah singkat seperti ini biasanya tidak berbelit-belit karena waktu yang diberikan juga sangat terbatas.

Meski dalam kultum ini waktu yang diberikan hanya berkisar 7 menit secara teori, namun terkadang bisa memakan waktu 10 sampai 15 menit tapi masih banyak pendengar yang menyukai ceramah pendek seperti ini, disamping tidak perlu waktu lama, isi materi kultum lebih mudah dipahami asal kultum jangan berubah menjadi terserah antum, karena bisa-bisa jemaah akan bilang :

Kalo antum kasih kuliah 7 menit aku ikutin
Kalo antum kasih kuliah 15 menit aku dengerin
Kalo antum kasih kultum 70 menit aku cemberutin
Kalo antum kasih kultum 7 hari lebih baik aku tinggalin

Berikut contoh materi kultum Ramadhan singkat 2012

Kaum muslimin yang berbahagia, waktu terus berjalan sampai pada saat ini ramadhan kemabali tiba dimana semua ummat islam yang beriman diwajibkan oleh Allah subhana hua ta’alaa untuk melaksanakan Ibadah puasa sebagaimana firmannya dalam alqur’an :

Yaa Ayyuhalladdzina Amanu Kutiba Alaikumus Shiayamu Kama Kutiba Alalladzina Min Qoblikum La’allakum Tattaqun. (Al Baqarah: 183)

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang –orang yang sebelum kamu, mudah-mudahan kumu sekalian bertakwa (kepada Allah)”.


Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulya, penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT, segala pintu taubat dan ampunan terbuka untuk semua ummatnya yang mau bertobat dan berharap ampunan dari Nya. Karena itu marilah kita tingkatkan ketaqwaan dibulan suci ini dengan memperbanyak amal ibadah berupa shalat, tilawah, shadaqah, dan berbagai amal kebajikan lain

Saudara kaum muslimin yang berbahagia, pada bulan ramadhan ini segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya oleh Allah, dikabulkannya doa dan ampunan serta merupakan bulan pembebasan dari api neraka. Di bulan suci ini dibukan semua pintu surga dan semua pintu neraka ditutup, sebagaimana Rosulullah SAW bersabda:

“Berpuasa itu adalah tameng yang dengannya seorang hamba bisa membentengi diri dari amukan api neraka”. (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah )

Karena itu marilah kita manfaatkan bulan suci ramadhan ini sebagai moment untuk mengumpulkan amal kebajikan agar kita dapat memperoleh nilai-nilai luhur yang tersimpan didalamnya sehingga kita dimasukan oleh Allah dalam golongan orang-orang yang bertaqwa. Amin..

Untuk mendapatkan lebih lengkap contoh pidato singkat ramadhan atau materi kultum ramadhan 2012 singkat terbaru, anda bisa coba mencari di : www. salafy.or.id ada banyak materi ceramah dan pemahaman tentang ilmu agama disana.
Tags: Belajar Islam

Disclaimer :

Komentar adalah tanggapan pribadi, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Isi komentar tidak mewakili pandangan dan kebijakan kami (erabaca.com). Pembaca bisa melaporkan komentar yang tidak etis berupa pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan golongan